BYAR PET = PEDULI BUMI atau ?????

14 04 2011

Blogyyyyyyyy………jujur nie sebenarnya sebeeeeeelllll, keseeeellll, jengkeeeeelll bangeeettzzz dari tadi siang listrik byar pet meluluuuuu…..untung pas lagi nulis postingan ini listriknya sekonyong-konyong nyala n rumah serta kampung jadi terang benderang.

Setelah beberapa jam menikmati kegelapan akhirnya berusaha memanfaatkan tenaga serta otak untuk memikirkan hal yang lebih bermanfaat dari pada mengeluh, ngomel g karuan n mencoba mempositifkan pikiran, tiba-tiba datang wangsit untuk membahas tema ini…..eng…ing…eng…karena sekarang dah bulan April chimut jadi ingat…..klo bentar lagi kita bakalan memperingati Earth Day. Eh emang pha hubungannya???? hahaha membuat hati lebih tenang n lebih ikhlas dengan dimatikannya listrik dapat memberikan sedikit kontribusi mengurangi Global Warming, meningkatkan kepedulian terhadap bumi kita yang sudah uzur ini.

Nah ngemeng-ngemeng about Hari Bumi ada sejarahnya lo….ceck it out

Sejarah hari bumi atau Earth Day yang diperingati setiap tanggal 22 April telah banyak yang tahu. Banyak yang telah menuliskan sejarah awal mula Hari Bumi(Earth Day).

Sebagai mana diketahui, sejarah peringatan Hari Bumi (Earth Day) diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.

Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas.

Dukungan ini mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970. Saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak bumi. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta manusia turun ke jalan pada 22 April 1970.

Moment ini kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali. Tanggal 22 April juga bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) diperingati.

Sejarah mencatat, Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini. Pelaksanaannya di seluruh dunia dikordinasi oleh Earth Day Network’s, sebuah organisasi nirlaba beraggotakan berbagai LSM di seluruh dunia.

PBB sendiri memilih tanggal 20 Maret saat di mana matahari tepat diatas khatulistiwa sebagai peringatan Hari Bumi. Ini mengacu pada ide “hari bagi orang-orang Bumi” yang dicetuskan aktivis perdamaian John McConnell. Hari yang lebih dikenal sebagai “Hari Bumi Equinoks” ini diperingati PBB setiap tahunnya sejak 21 Maret 1971. Namun PBB juga mengakui tanggal 22 April sebagai hari bumi yang dilaksanakan secara global. PBB secara resmi merayakannya 22 April sebagai “International Mother Earth Day“.

Referensi:

Yupz….itu dia sejarahnya n wat bacaan lebih lengkap bisa dicek di link di atas. Alhamdulillah…akhirnya  hati n pikiran sekarang lebih tenang n lebih ikhlas menerima klo Banjarmasin sering kali listriknya mati, tapi juga mempunyai arti lain yakni lebih peduli pada bumi (hehehe…bagi yang tidak terima tolong disimpan dalam hati aja yaw…tapi blh juga ngasih comment di postingan ini…cuma sekedar membuat hati tidak jengkel aja klo listrik lagi mati  *_^)

Jadi blogy…yang pentingkan bagaimana cara qt menyikapi masalah,,,,bukan mencari spa pembuat masalah…C U


Aksi

Information

2 responses

14 04 2011
alamendah

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Listrik mati memang menyebalkan. Tapi dari pada ngedumel emang lebih baik diambil sisi positifnya. Apalagi mumpung bulan April mendekati peringatan Earth Day.
Trims atas linkbacknya

15 04 2011
irm4chimut

@alamendah: saya juga mengucapkan terimakasih atas info di blog nya. Yupz Positive thinking is better,,,jadi g buang-buang tenaga. Oh ya,,,salam kenal ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: